Jumat, 23 September 2011

Cara Upgrade OS Blackberry

Mulai tahun 2009 pengguna ponsel blackberry sangat pesat di Indonesia. Berbagai macam fitur aplikasi yang dapat diperbarui ke dalam perangkat ini, mulai dari themes sampai dengan upgrade OS. Menurut saya blackberry atau akrab dengan sebutan BB masih memiliki beberapa kelemahan, saya yakin anda semua tahu,  yang paling menjengkelkan diantaranya biasa disebut dengan hang, lemot, macet, pending, dkk. BB selalu memproduksi file-file sampah yang disimpan dalam memory internalnya, hal inilah yang menyebabkan BB ini sering lemot. Apabila memory internal penuh, maka BB akan lemot, untuk mengembalikan pada kondisi semula biasanya harus melakukan hard restart alias copot batrai.
Banyak aplikasi yang dapat merestart BB tanpa harus copot batrai untuk menjaga keawetan batrai, namun biasanya banyak aplikasi yang tidak seefektif copot batrai. Kemungkinan besar penyebab tertimbunnya file-file sampah yang dapat menguras memory BB adalah  program-program atau driver-driver yang ada pada OS bawaan. Program-program ini akan terus diperbaiki yang  dikemas dalam bentuh OS dengan versi yang lebih baru. Oleh karena itu OS BB perlu diupgrade untuk memperbarui program BB.

Banyak orang yang bertanya bagaimanakah cara upgrade BB? apa beda OS ini dan OS itu? dll. Sebenernya untuk upgrade OS blackberry sangat mudah, hanya butuh sedikit pengetahuan dan keberanian. Upgrade OS BB juga perlu melihat hardware dari BB tersebut, terutama memory internal dan CPU, apabila BB anda memiliki memory internal dan CPU yang besar maka anda dapat mengupgrade OS dengan tingkatan versi yang baru (ex: OS5 ke OS6), namun bila BB anda tidak memadai maka anda cukup memperbarui versi OS namun dengan jenis yang sama (ex: OS5.1682 ke OS52018) dll.

 Beberapa hal yang perlu disiapkan untuk upgrade BB antara lain:
  1. laptop / komputer yang memadai dengan koneksi USB yang optimal
  2. Kabel USB
  3. Koneksi Internet 
  4. BB dengan paket internet service 
  5. Aplikasi Blackberry Desktop Software
  6. OS yang akan di instal (saya sarankan yang resmi / official OS)
Setalah semua bahan siap maka kita siap untuk melakukan proses upgradeing!!!
Untuk lebih mempermudah, saya akan membagai tahapan-tahapan menjadi 3 grup.
  • Grup backup
  • Grup instalasi
  • Grup restore
Grup Backup:
Ketika kita mengupgrade BB maka saya sarankan untuk menghapus semua program yang ada di memory internal BB. Oleh karena itu kita perlu backup data-data penting kita.
Untuk membackup kita dapat menggunakan aplikasi Blackberry Desktop Software:
  1. Instal Blackberry Desktop Software pada komputer sampai finish
  2. Koneksikan komputer dengan internet 
  3. Koneksikan BB dengan komputer
  4. Jalankan program BB Desktop Software
  5. Click Device --> Backup --> fullbackup
  6. Tunggu sampai proses backup selesai 
Sebenarnya setelah proses ini selesai maka backup sudah selesai, namun saya sarankan untuk menambah backup contact BBM lagi di memorycard BB:
  •  Masuk menu BBM --> option --> backup --> backup files localy --> backup now --> save
Sebelum menekan save ingat-ingatlah nama dari file backup tadi (biasanya tanggal saat anda backup).

Grup Instalasi OS
 Proses intalasi ini merupakan proses inti dari upgrade OS. Sebelum menjalankan proses ini pastikan semua dalam keadaan stabil (arus listrik rumah, kabel USB, komputer, dll). Hal ini perlu sangat diperhatikan karena apabila dalam proses instalasi terjadi kegagalan koneksi USB maka BB akan error (nuked blackberry), dimana BB tidak akan dapat dinyalakan / menyelesaikan loading (restart-restart terus tanpa bisa hidup).

Proses instalasi dimulai dengan:
  1. instal OS yang akan diupgrade yang telah didownload
  2. hapus file vendor dengan cara:
    Masuk ke C --> programfiles --> common files --> Research in motion --> apploader --> delete file "vendor" 
  3. Saya sarankan semua program di memory internal BB dihapus dahulu, agar setelah progres upgrade BB menjadi refresh dan seperti baru kembalai. Menghapus semua memory internal BB dengan cara wipe device:
    Untuk OS 6:

    Masuk menu BB --> option --> security --> security wipe --> centang semua kecuali media card --> wipe.

    Setelah proses wipe selesai BB akan melakukan restart dengan otomatis kemudian akan muncul peringatan 507 (kalo ga salah). 
  4. Instal OS ke BB: 
  • Koneksikan BB dengan USB ke komputer --> 
  • Masuk ke C --> programfiles --> common files --> Research in motion --> apploader --> double click loader --> next --> pilih aplikai yang diinginkan saja --> next --> tunggu sampai instalasi selesai
  • BB sudah seperti baru kembali
Grup Restore
Setelah proses instalasi OS selesai, BB akan seperti baru kembali, tidak ada data lama kita di dalamnya, oleh karena itu kita perlu memasukkan data lama kita kembali (contact, aplikasi, dll).
Proses restore dapat kita lakukan dengan menggunakan aplikasi Blackberry Desktop Software:
  1. Instal Blackberry Desktop Software pada komputer sampai finish
  2. Koneksikan komputer dengan internet 
  3. Koneksikan BB dengan komputer
  4. Jalankan program BB Desktop Software
  5. Click Device --> restore --> select device data and setting
  6. Pilih yang perlu saja (saran: hanya addressbook dan BBgroup saja) 
  7. Restore 
  8. Tunggu sampai proses restore selesai  
Saya sarankan dalam proses restore anda memilih addressbook saja, jangan merestore program atau aplikasi ke dalam BB, karena apabila kita merestore aplikasi ke BB dengan OS baru ada resiko tidak kompatibel. Untuk mendapatkan aplikasi anda dapat mendownload kembali melalui blackberry appwordl, oleh karena itu memerlukan paket blackberry internet service dari service provider anda (kalo saya biasa pake paket blackberry unlimited dari telkomsel)
Dilanjutkan dengan proses restore contact BBM :
  • Masuk menu BBM --> option --> restore --> restore using backup file from device --> pilih nama file yang anda backup tadi (tanggal terbaru)
Dengan demikian semua proses upgradeing OS BB telah selesai, semoga berhasil...

Untuk OS terbaru dapat anda download disini
Untuk Blackberry desktop software dapat anda download disini

Syahroni Y.A., 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar